2 Langkah Mudah Membagi Partisi Hardisk Tanpa Software

2 Langkah Mudah Membagi Partisi Hardisk Tanpa Software

Untuk membagi partisi hardisk tanpa software untuk semua sistem operasi pada dasarnya bisa dilakukan karena telah tersedia opsi lanjutan yang mungkin hanya di ketahui beberapa orang saja dan hal inilah menjadi awal mula munculnya software untuk mempermudah user yang tidak begitu paham cara kerja membagi partisi.


Khusus untuk sistem operasi windows sendiri tiap kali melakukan update sangat jarang untuk melakukan pengembagan sistem pada fitur pembagian partisi karena tidak sedikit juga yang belum bisa menggunakan fitur bawaan windows untuk pembagian partisi kali ini kita akan bagikan 2 langkah mudah membagi partisi hardisk tanpa software.

Windows adalah?


Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis. Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. 

Cukup untuk perkenalanya saya rasa semua orang sudah pada tahu dan kenal apa itu sistem operasi microsoft windows karna sistem operasi ini sangat user frendly yang dimana terkhusus di indonesia sendiri sistem operasi ini di pakai sebagai alat pengajaran di sekolah, tempat kerja, dan tempat rental seperti warnet.
balik lagi kepembahasan cara membagi partisi hardisk tanpa software mungkin diatara kita ada yang membutuhkan local disk C atau D bahkan E dengan space/kapasitas tersendiri.

Sehingga banyak user yang mengeluh perbedaan respond sistem operasi yang mulai melambat seiring berjalanya waktu dari pertama kali user tersebut membelinya, hal ini bukan hanya karna virus namun juga bisa dikarenan local hardisk yang telah full sehingga mempengaruhi kinerja dari windows itu sendiri disinilah fungsi dari membagi paritisi di perlukan kita tidak memutuhkan orang dengan latar belakang IT untuk mengerjakan hal ini karna yang di butuhkan anda hanya perlu membaca artikel saya ini dengan seksama. langsung saja anda simak cara mudah membagi partisi hardisk tanpa software berikut;

2 Langkah Mudah Membagi Partisi Hardisk Tanpa Software


Langkah Ke-1


  • Buka MyComputer Klik Kanan Pilih Manage.
  • Pada Menu Computer Management Scroll Kebawah Klik Disk Management, Maka akan tampil partisi anda yang telah ada sebelumnya
2 langkah mudah membagi partisi hardisk tanpa software
disk management
  • Pilih Partisi yang mau anda bagi partisinya disini partisi yang saya mau bagi "Partisi D" Klik Kanan Pilih Shrink Volume.
2 langkah mudah membagi partisi hardisk tanpa software
shrink volume
  • Tunggu Sejenak Proses Querying.
Keterangan :- Pada enter the amount of space to shrink to MB. Masukan jumlah size yang akan diambil dari partisi misalkan 1000 MB (1GB) Berlaku kelipatan tentukan sesuai kemauan anda  
  • Setelah selesai memasukan size yang anda inginkan klik Shrink.
  • Setelah itu akan muncul new volume dengan status Unallocated. Pada partisi tersebut Klik kanan Pilih Simple new volume
  •  Dan anda tingal next - next aja jikalau ingin memberinama pada volume partisi baru anda tingal masukan namanya setelah selesai makan akan tampil new volume partisi seperti pada gambar
Silakan anda cek file explorer / myconputer anda maka anda tampil new volume (partisi) yang berukuran (size) yang anda tentukan sendiri sebelumnya. Oke mari kita lanjut untuk menambah ukuran size partisi yang telah ada,

Menambah Kapasitas Partisi di Windows


Langkah Ke-2


  • Lakukan langkah seperti diatas tapi jangan dibikin Simpel Vomule Cukup sampai kita mendapatkan size (ukuran) yang kita inginkan untuk di tambahkan pada partisi yang telah ada.
  • Pada partisi yang mau ditambakan Size nya Klik kanan pilih Extend Volume.
  • Lanjut Next, Maka akan tampil Volume Unallocated sebelumnya silahkan Next untuk menambahkan Size Unallocated pada partisi.
  • Next dah selesai silakan anda cek partisi anda ukuran size nya telah bertambah.

Baca juga :
 2 Cara Mudah Menghapus File & Folder Yang Tidak Bisa di Hapus

Akhir Kata
Terima kasih telah berkunjung jangan lupa untuk share karna berbagi itu indah agar bisa saling membantu bagi teman yang membutuhkan artikel ini, follow juga blog melalui email untuk terus mendapatkan update terbaru dari laman saya.

Baca juga

Load comments