4 Macam Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet

4 Macam Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet

Kegiatan kita yang gemar mengakses internet setiap harinya  akan sangat baik jika kita mampu memahami teknologi informasi yang kita terima setiap harinya dengan baik dan benar, seperti mengetahui perangkat keras untuk mengakses internet itu terdiri dari apa saja?,


Di harapkan nantinya walaupun kita bukan dari seorang yang memiliki latar belakang pendidikan teknologi informasi/komputer setidaknya kita dapat memahami cara kerja jaringan internet itu seperti apa? dengan lebih memahami perangkat keras apa saja yang digunakan untuk mengakses internet.

Agar nantinya kita dapat mengidentifikasi atau bahkan menyelesaikan permasalahan ketika jaringan internet yang kita gunakan mengalami gangguan, lemot, atau bahkan hilang koneksi, tanpa harus membayar tenaga IT/teknisi jaringan untuk hal-hal yang sederhana.

Baca juga : Begini cara mendapatkan software premium tanpa harus membayar!!

4 Macam Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet

topologi jaringan komputer
topologi jaringan komputer
Gambar toplogi jaringan komputer di atas merupakan gambaran paling sederhana dari komponen atau susunan perangkat keras yang sering di gunakan dalam menunjang terhubungnya sebuah komputer ke dalam jaringan internet. Mari kita bahas satu persatu 4 macam perangkat keras untuk mengakses internet,

#1. Perangkat Komputer


perangkat komputer
perangkat komputer
Perangkat keras untuk mengakses internet yang paling dasar yaitu perangkat komputer yang terdiri dari unit pemroses sentral atau bahasa kerenya CPU, lalu monitor, keyboard , mouse dan perangkat pendukung seperti kartu jaringan/network interface card, kabel jaringan, dan konektor kabel jaringan.

Untuk sebuah perangkat komputer sendiri memiliki spesifikasi minimum, agar dapat digunakan untuk berselancar di internet dengan aman, nyaman tanpa ada masalah teknis seperti komputer tiba-tiba blank atau bahkan bluescreen.

⇨ Processor

Kita sebagai manusia memiliki otak sebagai pusat pengelola seluruh kegiatan yang kita lakukan, untuk sebuah komputer ia memiliki otak yang di namai Processor tugasnya menjalankan berbagai aplikasi yang ada pada sebuah komputer dan sebagai komponen komputer untuk mengakses internet minimal seri pentium III 500Mhz.

⇨ Random Access Memory (RAM)

Untuk media penyimpanan sementara agar nantinya komputer dapat di hidupkan dan di matikan dengan mudah, dibutuhkan RAM (random access memory) dan minimal 256MB tapi saat ini hampir tidak ada perangkat komputer menggunakan RAM 256MB sekarang paling kecil 1GB sehingga dapat lebih memudahkan kita dalam pengoperasian komputer.

⇨ Harddisk (Media Penyimpanan)

Jika ingin menyimpan hasil kerja serta sistem operasi yang akan di jalankan pada komputer maka wajib memiliki harddisk yang berfungsi sebagai media penyimpanan data secara permanen di komputer, minimal pemakaian harddisk 20GB, akan tetapi untuk generasi komputer sekarang sudah banyak kapasitas yang jauh lebih besar minimal 100GB hingga 10TB.

⇨ Kartu Grafis (VGA Card)

Komponen dari komputer yang tugasnya untuk menampilkan grafis  kepada pemakainya dalam hal ini kita, maka wajib menggunakan kartu grafis/vga card yang tertanam di CPU dan nantinya di hubungkan melalui kabel konektor VGA menuju monitor. Pemakaian VGA sendiri minimal 4MB hingga 12GB.

⇨ Monitor

Monitor tergolong sebagai perangkat output yang di mana berfungsi untuk menampilkan proses yang sedang terjadi di CPU sehingga dapat memudahkan kita untuk mengoperasikan komputer sesuai dengan keinginan kita. Pemakaian monitor sendiri di sesuaikan kebutuhan kalian mau besar ataupun kecil.

#2. Switch/Hub

switch/hub
switch/hub
Switch/Hub pada topologi jaringan komputer memiliki peranan yang sama, kedua perangkat ini menjadi konsentrator bertugas mengirim dan menerima paket data yang berjalan di topologi jaringan, memastikan agar setiap perangkat komputer dapat saling berinteraksi dengan baik.

Hub sendiri sering di sebut repeater namun perangkat ini sudah jarang digunakan dan di gantikan oleh switch yang memiliki banyak kelebihan diantaranya,

⇨ Mempelajari Alamat (Address Learning)

Ketika salah satu perangkat keras untuk mengakses internet ini pertama kali digunakan ia akan mempelajari topologi jaringan di mana dia terpasang melalui interaksi antara perangkat komputer yang telah terhubung ke switch dengan konektor kabel jaringan.

Sederhananya, switch akan menerima setiap paket data yang dikirim kepadanya kemudian ia akan menyalurkan paket tersebut ke semua komputer yang terhubung ke switch, ketika paket telah sampai ke komputer tujuan swtich akan mencatatnya ke dalam mac address table yang akan berguna ketika komputer tersebut saling berkomunikasi sehingga switch dapat mengirim paket data dengan lebih cepat dan tepat.

⇨ Meneruskan/Menyaring Data (Forward/Filtering)

Meneruskan atau menyaring data pada switch merupakan proses di mana ketika switch telah memiliki data mac address table yang lengkap akan komputer yang terhubung ke port aktif. Maka ketika ada pengiriman paket data antar komputer maka switch hanya perlu melihat komputer tujuan dan port yang digunakan tanpa harus melakukan pengiriman broadcast ke semua komputer.

⇨ Menghindari Looping (Looping Avoidance)

Terkadang ketika kita megalami gangguan pada koneksi internet setelah melakukan perubahan IP address pada komputer bisa membuat switch merasa bingung dengan ip baru yang kita gunakan apalagi jika switch menemukan kesamaan ip maka akan timbul terjadinya looping yang mengakibatkan kita kesulitan untuk berinteraksi dengan komputer lain atau terkoneksi ke internet.

Looping ini merupakan proses di mana paket data yang kita kirim ke komputer lain atau ke jaringan publik (internet) hanya berputar di perangkat switch saja sehingga membuat kita tidak terdeteksi oleh komputer lain atau offline.

#3. Router

router
router
Setelah komputer melalui switch maka, switch akan terhubung ke router sebagai salah satu komponen penting dalam topologi perangkat keras untuk mengakses internet. Tugas router di sini sebagai penghubung antar 2 jaringan atau lebih ke jaringan lainya, jika switch hanya bertugas untuk manajemen satu jaringan LAN (local area network) maka router fungsinya untuk menghubungkan banyak LAN menjadi satu jaringan.

⇨ Jenis-Jenis Router
  • Dynamic router atau router dinamis, merupakan router yang memiliki serta membuat tabel routing dinamis dengan melihat lalu lintas jaringan dan juga dengan bertugas informasi antar router lainya.
  • Static router atau router statis, merupakan sebuah perangkat router yang hanya memiliki tabel statis tidak dapat membaca dan melihat komputer yang terhubung dalam jaringan, kita selaku administrator harus menginputkan tabel routing secara manual.

    #4. Modem/Internet

    modem
    modem
    Modem atau Modulator Demodulator, merupakan perangkat keras untuk mengakses internet yang paling penting tentunya jika tidak ada modem maka ke-3 perangkat di atas tidak akan bisa membuat kita terhubung ke internet.

    Modem sendiri dikenal sebagai perangkat komunikasi dua arah. Fungsi utama modem adalah sebagai alat komunikasi yang mampu berubah sinyal digital komputer menjadi sinyal analog dan sebaliknya, sehingga dapat membuat kita terhubung ke internet.

    ⇨ Jenis-Jenis Modem
    1. Modem Eksternal,  merupakan sebuah modem yang beroperasi seperti media telekomunikasi seperti telepon dan radio, berbentuk fisik tugasnya merubah sinyal analog menjadi sinyal digital dan di kirim ke komputer melalui jaringan.
    2. Modem Internal, sifatnya tidak seperti modem eksternal modem internal tidak memiliki lampu indikator sebagai penanda jaringan yang hidup atau mengalami gangguan. Bagi pemakainya modem internal lebih memanfaatkan aplikasi untuk memantau koneksi internet yang sedang digunakan.
    3. Modem ISDN (Integrated Services Digital Network), memiliki kemampuan 10 kali lipat lebih cepat di banding PSTN (jaringan telepon tetap) dan juga dikenal sebagai modem yang memberikan kemudahan bagi pemakainya karena sifat ISDN yang fleksibel dan mampu menyediakan konektivitas digital dari ujung ke ujung.
    4. Modem GSM (Global System for Mobile), adalah salah satu perangkat keras untuk mengakses internet dengan memanfaatkan telepon seluler. Modem GSM ini khusus di gunakan untuk mendukung provider yang menyediakan layanan GSM.
    5. Modem Analog, sederhananya merupakan modem yang bertugas untuk membentuk sinyal analog yang di rubah menjadi sinyal digital dan di teruskan ke pada komputer.
    6. Modem ADSL (Asymetric Digital Subscribe Line), adalah teknologi internet yang di ciptakan untuk mengabungkan internet dengan telepon analog lalu jalurnya dibagi oleh sebuah splitter sehingga tidak akan terjadinya gangguan karena jalur yang di pisah oleh splitter.
    7. Modem Kabel, salah satu perangkat keras untuk mengakses internet dengan menerima data secara langsung melalui suatu penyedia jasa layanan internet (ISP), line telepon, tv kabel, handphone, dan satelit.

    Baca juga : Apa itu perangkat lunak komputer berserta pengelompokanya?

      Kesimpulan

      Secara umum perangkat keras untuk mengakses internet, dapat kita lihat pada gambaran topologi jaringan sederhana seperti d iatas. Mungkin bagi kalian pengguna internet rumahan ada beberapa komponen yang tidak di pakai seperti swtich/hub karena umumnya internet rumahan menggunakan router dan wifi, namun pada dasarnya konsep jaringan itu sama.

      Akhir Kata
      Terima kasih atas kunjunganya di blog saya, jangan lupa untuk share ke teman yang membutuhkan artikel ini "4 Macam Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet". Ekspresikan diri kalian tentang artikel ini melalui emoticon dibawah, dan untuk berlangganan artikel terbaru masukan alamat emailmu pada box di bawah.

      Baca juga

      Load comments