Pengelompokan Perangkat Lunak Komputer Berdasarkan Jenis, Dan Fungsinya

Pengelompokan Perangkat Lunak Komputer Berdasarkan Jenis, Dan Fungsinya

Perangkat lunak komputer pada dasarnya merupakan sebuah perintah digital yang tugasnya menerjemahkan apa yang kita lakukan/inputkan melalui mouse, keyboard, ataupun touch screen yang kemudian diproyeksikan melalui sebuah layar komputer yang sedang kita gunakan.

Untuk membuat sebuah perangkat lunak komputer atau bahasa kerenya software kalian perlu memperlajari terlebih dahulu bahasa pemrograman seperti Python, Pascal, Perl, Java, C++ dan lainya.  Bagi kalian yang dapat membuat serta memahami bahasa pemrograman maka kalian termasuk seorang pemrogram.


Terlepas dari penjelasan tentang perangkat lunak komputer secara harfiah adalah sebuah perintah khusus yang di format dan disimpan secara digital, baik berupa program komputer, dokumentasi, serta berbagai informasi yang dibaca lalu di tulis oleh komputer. Jadi hardware dan software telah menjadi 2 komponen penting dari sebuah komputer agar dapat kita gunakan.

Perangkat lunak komputer sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, dan memiliki fungsinya masing-masing. Maka dari itu mari kita lebih mengenal software kerja, belajar, ataupun media berkreasi kalian lebih dalam setidaknya kita tahu software yang biasa digunakan tergolong kedalam jenis software apa dan adakah jenis software lain yang memiliki fungsi yang sama.

Pengelompokan Software/Perangkat Lunak Komputer Berdasarkan Jenis, Dan Fungsinya

↪ Software Komputer Berdasarkan Jenisnya

#1. Software Berbayar (Commercial Software)

Perangkat lunak komputer jenis ini pada umumnya di pasarkan dengan tujuan komersil yang dimana setiap pengguna wajib membeli atau membayar pada pihak pengembang. Dan setelah kita melakukan pembayaran, software tersebut tidak dapat kita sebar luaskan secara cuma-cuma tanpa seizin dari pihak pengembang.

Contoh software berbayar, sistem operasi/os (windows), aplikasi antivirus, aplikasi pengolah gambar (photoshop), dan masih banyak lagi. Jika kalian pengguna software berbayar pastinya banyak kelebihan dan kemudahan yang akan kalian dapatkan.

#2. Shareware atau Trialware

Shareware sama halnya dengan  trialware, perangkat lunak komputer satu ini di pasarkan secara gratis untuk semua pengguna agar dapat menikmati fasilitas premium yang tersedia pada software tersebut sebelum memutuskan untuk membelinya dan biasanya akan diberi batas uji coba selama 30 hari.

Contoh shareware atau trialware, aplikasi antivirus, aplikasi pengolah unduhan (download manager), dan lainya. Dengan memanfaatkan jenis software shareware atau trialware kalian bisa mengevaluasi terlebih dahulu software yang mau kalian beli.

#3. Freeware

Jenis perangkat lunak komputer selanjutnya yaitu freeware yang di pasarkan secara gratis "tanpa masa waktu" berbeda dengan shareware/freeware. Seorang pemrograman yang membuat software gratis memiliki tujuan untuk disumbangkan pada suatu komunitas atau ingin lebih dikenal.

Contoh freeware, web browser (google chrome, mozilla, safari, dll), dan beberapa game. Sifat perangkat lunak komputer gratis ini biasanya memiliki banyak kekurangan yang mengharuskan kita untuk lebih pintar dalam menggunakanya agar lebih optimal.

#4. Software Gratis (Free Software)

Perangkat lunak komputer free software ini tidaklah sama dengan freeware, karena walaupun di pasarkan secara gratis dalam arti bebas digunakan, disalin, dimodifikasi, dan bahkan di pasarkan ulang secara bebas. Free software menargetkan pemakaian secara jelas seperti menciptakan software baru yang tergolong kedalam shareware/trialware, freeware, atua adware.

Contoh free software, open source (gnu/linux, android dan lainya). Jadi perbedaan antara freeware dan software adalah freeware bukanlah sebuah software yang selalu gratis dan free software tidak haru selalu bebas.

#5. Firmware

Firmware merupakan perangkat lunak komputer yang mengacu pada software yang berjalan pada ROM (read only memory) yang sifatnya tidak seperti tempat penyimpanan hardisk. Frimware tidak akan berubah walaupun sudah lama tidak digunakan, namun masih ada beberapa file yang bisa kita rubah seperti flash ROM, dan EEPROM.

Contoh firmware, os tambahan pada smartphone android (LineageOS, Dirty Unicorns, Paranoid Android, dll). Jika kalian gembar ngoprek ponsel android maka wajib untuk mencoba beberapa firmware yang ada.

#6. Malware (Software Perusak)

Untuk malware tidak perlu dijelaskan panjang lebar kalian sendiri pasti pernah merasakan betapa kesalnya menghadapi software perusak ini. Perangkat lunak komputer satu ini bertugas untuk merusak semua software pada komputer kalian tanpa izin serta sepengetahuan kalian telebih dahulu sebelumnya.

Contoh malware, virus, worm, keylogger, trojan, spyware, adware, rootkit, dan lainya. Buat kalian yang ingin mencoba software ini saya sarankan jangan coba-coba bila kalian tidak memahami betul sistem kerjanya.
Back to Content

↪ Software Komputer Berdasarkan Fungsinya

#1. Perangkat Lunak OS (Sistem Operasi)
perangkat lunak os (sistem operasi)
perangkat lunak os (sistem operasi)
Perangkat lunak komputer satu ini hukumnya wajib telah terinstall  di komputer baik pc/laptop kalian karena tanpa sistem operasi komputer kalian hanya akan menjalankan perintah Asembly atau lebih dikenal dengan kata BIOS pada flash memory (ROM).

Sistem operasi pada komputer umumnya dibagi menjadi 2 yaitu windows dan open source, kalian dapat memilih sesuai kebutuhan baik windows maupun open source memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Sebagai software inti dari sebuah komputer kalian harus dapat menginstall dengan benar agar pc/laptop kalian dapat bekerja dengan maksimal.

Contoh perangkat lunak OS, windows 10, windows 8, windows 7, windows vista, windows xp, elementary os, linux mint, arch linux, ubuntu, kali linux, tails dan masih banyak lagi jenis perangkat lunak komputer OS (sistem operas) baik dari windows maupun open source.

#2. Perangkat Lunak Driver Komputer
perangkat lunak driver komputer
perangkat lunak driver komputer
Setela kita menginstall software sistem operasi (os) saatnya kita menginstall driver pada komputer yang akan kita gunakan agar nantinya semua hardware yang terdapat di CPU dapat dibaca dengan baik oleh sistem operasi. Sederhananya software device driver ini sifatnya sebagai penghubung antara perangkat keras dengan sistem operasi.

Software device driver ini biasanya berupa cd/dvd drive yang kita dapat setelah membeli komputer yang di dalamnya terdapat software driver monitor, processors, sound, video, game contollers, disk drives, keyboard, mouse, display adapters dan masih banyak lagi.

Contoh lain device driver, driver printer, vga card, headphone, microphone gaming dan lainya. Diwajib kan bagi kalian sebelum menggunakan hardware tambahan wajib menginstall terlebih dahulu software device driver dari hardware terlebih dahulu.

#3. Perangkat Lunak Antivirus
perangkat lunak antivirus
perangkat lunak antivirus
Perangkat lunak komputer satu ini pastinya berfungsi untuk melindungi komputer (pc/laptop) kalian dari ancaman berbagai software perusak seperti virus, worm, keylogger, trojan, spyware, dan lainya. Di sarankan sebelum mendownload aplikasi lain kalian harus lebih mengutamakan keamanan komputer kalian terlebih dahulu.

Untuk software antivirus akan lebih maksimal kinerjanya apabila sering dilakukan update secara rutin dan memanfaatkan antivirus premium apabila data di komputer kalian begitu penting yang tidak seharusnya diketahui oleh orang lain.

Contoh perangkat lunak antivirus, kaspersky, ESET, bitdefender, avast, smadav dan lainya. Baik antivirus premium maupun free kita harus tetap menjaga komputer, tidak serta merta untuk asal menggunakan aplikasi pihak ketiga atau melakukan pengambilan data dengan device yang terjangkit virus seperti flashdisk/hardisk.

#4. Perangkat Lunak Internet (Web Browser)
perangkat lunak internet (web browser)
perangkat lunak internet (web browser)
Sekarang hampir atau bahkan kita semua memanfaatkan internet untuk berbagai hal baik mencari materi pelajara, lowongan pekerjaan, informasi sekolah unggulan, hiburan, dan lain sebagainya. Untuk mengakses internet kita membutuhkan perangkat lunak komputer berupa web browser.

Web browser sendiri berfungsi sebagai media untuk menampilkan data serta informasi yang terdapat di suatu web. Jenis web browser sendiri ada banyak dan biasanya telah terinstall sewaktu pertama kali kita melakukan installasi sistem operasi (os).

Contoh perangkat lunak internet, internet explorer, google chrome, mozilla firefox, opera mini, safari, UC browser, dan lainya. Semua web browser bisa menjadi pilihan yang tepat namun untuk menghemat penggunaan RAM (Random access memory) setidaknya kalian cukup menginstall 2 web browser saja.

#5. Perangkat Lunak Perkantoran
perangkat lunak perkantoran
perangkat lunak perkantoran
Perangkat lunak komputer untuk perkantoran ini sebenarnya cukup relatif tergantung kebutuhan kita dalam mengerjakan tugas kantor namun pada umumnya setiap komputer perusahaan telah menginstall software microsoft office yang di dalamnya telah tersedia berbagai aplikasi perkantoran.

Microsoft office sendiri tidak selalu dikaitkan dengan pekerjaan kantoran saja, kalian para pelajar/mahasiswa juga pasti sering mendapatkan tugas yang diketik lalu diprint yang sudah pasti kalian memanfaatkan software microsoft office ini sebagai perangkat lunak pengolah kata.

Contoh perangkat lunak perkantoran, microsoft word, microsoft excel, microsoft powerpoint, microsoft outlook, autocad, photoshop dan lainya. Semua perangkat lunak perkantoran sistemnya sesuai kebutuhan perusahaan untuk menggunakanya.

#6. Perangkat Lunak Utility
perangkat lunak utility
perangkat lunak utility
Performa sebuah komputer juga wajib menjadi perhatian kita sebagai pengguna agar nantinya komputer yang kita gunakan bisa bertahan lama. Untuk itula kita perlu memanfaatkan perangkat lunak komputer utility yang dibuat untuk membantu optimasi pengelolaan data pada komputer.

Perangkat lunak utility ini memiliki berbagai fungsi seperti mengelola file, menjaga atau menolak akses yang mencurigakan, memindai hardisk, membackup file, mendiagnosa masalah, mendefragment hardisk, dan menghapus program/software yang tidak diperlukan.

Contoh perangkat lunak utility, tune up utilities, slimware utilites, glary utilities, comodo, toolwiz care, minitool, daemon tools, pandora recovery, ccleaner dan lainya. Buat yang mau masa pakai komputernya lebih lama tidak ada salahnya memanfaatkan salah satu perangkat lunak utility ini.

#7. Perangkat Lunak Video Player
perangkat lunak video player
perangkat lunak video player
Komputer juga bisa menjadi sarana hiburan bagi kita, salah satunya dengan memanfaatkan perangkat lunak komputer (video player). Software jenis ini mungkin sudah menjadi hal wajib bagi sebagian dari kita yang gemar menonton atau mengoleksi berbagai film di komputernya.

Pada dasarnya setiap sistem operasi telah menyediakan software video player namun kinerjanya kurang maksimal untuk memutar berbagai video, dan akhirnya banyak sekali pihak ketiga yang membuat software video player dengan memberikan berbagai kemudahan bagi penggunanya.

Contoh perangkat lunak video player, vlc media player, gom player, media player classic, kmplayer, quick time player, zoom player free, daum pot player, smp player, dan lainya.

#8. Perangkat Lunak Music Player
perangkat lunak music player
perangkat lunak music player
Software hiburan selain video player yang tidak kalah banyak di install oleh sebagian pengguna komputer sudah pasti music player, perangkat lunak komputer satu ini bisa menjadi teman kerja, teman belajar ataupun teman di kalah hati sedang merasa gundah gulana bukan hhaa...

Yups, software music player ini dapat menghibur kita dengan memutar musik yang senangi, dan dengan sedikit pengaturan kita juga dapat menikmati alunan musik yang lebih baik. Pastikan juga kalian telah menginstall audio drivers sebelum menggunakan software music player.

Contoh perangkat lunak music player, aimp3, music bee, winamp, GOM audio player, mediamonkey, foobar2000, songBird, ITunes, clementine, tomahawk, dan lainya.

#9. Perangkat Lunak Editing (Gambar)
perangkat lunak editing (gambar)
perangkat lunak editing (gambar)
Perangkat lunak komputer satu ini untuk sebagian dari kita bisa juga tergolong kedalam software kerja seperti penggiat animasi, fotografi, perancang web, dan pekerja lain yang pastinya membutuhkan seorang yang memiliki jiwa seni dan mampu mengoperasikan software editing.

Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan sebelum kalian menggunakan software editing, selain kemampuan untuk mengoperasikanya kita juga harus melihat kembali kemampuan serta ruang penyimpanan pada komputer karena software jenis ini membutuhkan resource yang lumayan besar serta hasil kerja yang pastinya membutuhkan ruang yang besar untuk disimpan di hardisk komputer.

Contoh perangkat lunak editing (gambar), adobe photoshop, paintshop Pro, GIMP, Gimpshop, photoscape, firealpaca, lightroom, picturestoexe 9, artweaver, photo pos Pro, dan lainya.

#10. Perangkat Lunak Recording (Rekaman)
perangkat lunak recording
perangkat lunak recording (gambar: google)
Perangkat lunak komputer satu ini berbeda dengan perangkat lunak music player baik dari cara pakai maupun fungsinya jika music player berfungsi sebagai pemutar musik sedangkan perangkat lunak recording berfungsi sebagai alat perekam suara kita.

Untuk menggunaka perangkat lunak recording kita harus mengunakan microphone khusus atau earphone yang terhubung ke komputer melalui colokan audio yang tersedia di komputer. Dengan menggunakan software recording tambahan kita dapat melakukan editing audio yang telah kita rekam sebelumnya.

Contoh perangkat lunak recording (rekaman), audacity, ableton live, apple logic express, sony media ACID music studio, n-track, steinberg cubase, propellerhead reason, fl studio, cakewalk SONAR X3 producer, avid pro tools, kore dan lainya.

#11. Perangkat Lunak Game
perangkat lunak game
perangkat lunak game (gambar: google)
Perangkat lunak komputer yang terakhir adalah software game yang dimana kita pasti memiliki game favorit masing-masing, dengan pesatnya pertumbuhan dunia video game berbasis online mencuatkan beberapa game dengan lisensi premium yang dimana sebelum kita memainkan game tersebut kita harus membelinya terlebih dahulu.

Fungsi video game juga menurut beberapa riset sains antar lain dapat meningkatkan kapasitas memori otak, menghilangkan rasa sakit, meningkatkan kemampuan membaca dan menulis, mengurangi trauma psikologis, membuat seseorang lebih pintar, dan meningkatkan volume otak.
Back to Content

Sampai disini dulu pembahasan kita tentang pengelompokan perangkat lunak komputer berdasarkan jenis, dan fungsinya. Pada dasarnya sebuah teknologi akan terus berkembang dan mungkin kedepannya akan banyak perangkat lunak atau software lain yang memiliki fungsi yang berbeda dari pendahulunya.

Akhir Kata
Terima kasih atas kunjunganya di blog saya, jangan lupa untuk share ke teman yang membutuhkan artikel ini "Pengelompokan Perangkat Lunak Komputer Berdasarkan Jenis, Dan Fungsinya". Ekspresikan diri kalian tentang artikel ini melalui emoticon dibawah, dan untuk berlangganan artikel terbaru masukan alamat emailmu pada box di bawah.

Baca juga

Load comments