2 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Yang Tidak Bisa DiHapus

2 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Yang Tidak Bisa DiHapus

Kalian pengguna ponsel android pasti sering mengalami media penyimpanan penuh yang mengakibatkan kalian tidak bisa lagi menyimpan data baik itu aplikasi, game, video, gambar dan lainya. Mulai dari sini kalian pasti mulai memilih untuk menghapus beberapa aplikasi yang tidak terpakai. Untuk itu kali ini kita akan berbagi 2 cara menghapus aplikasi bawaan android yang tidak bisa dihapus.

Aplikasi bawaan ponsel android ini di kenal sebagai bloatware yang biasanya telah terinstall sejak pertama kali kita membeli ponsel tersebut. Aplikasi jenis ini sangat jarang kita gunakan bahkan cenderung tidak beguna untuk itulah cara cepat dan mudah bagi kalian yang kehabisan ruang penyimpanan pada ponsel android yaitu menghapus aplikasi bawaan android ini.

Baca juga : Begini Cara Meningkatkan Kecepatan Proses Akses Internet di Browser

2 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Yang Tidak Bisa DiHapus


#1. Cara Manual Tanpa Aplikasi


Buat kalian yang benar-benar tidak bisa lagi menambahkan aplikasi apapun ke dalam ponselnya wajib pakai cara manual menghapus aplikasi bawaan android ini tanpa harus menambahkan aplikasi pihak ketiga. Cara ini dapat kalian lakukan di berbagai jenis ponsel baik itu xiaomi, honor, oppo, samsung, vivo, dan lainya.

✔ Masuk ke menu setelan/pengaturan kemudian cari menu manajemen aplikasi. Jika tidak ada menu manajemen aplikasi mungkin namanya berbeda menjadi pengelola aplikasi karena setiap ponsel yang berbeda jenis hanya beda di penamaan saja.
manajemen aplikasi
manajemen aplikasi
✔ Di menu manajemen aplikasi biasanya ada 3 jendela menu lain seperti aplikasi yang sedang berjalan, terinstall dan semua aplikasi, silahkan pilih masuk ke menu terinstall lalu cari aplikasi yang ingin di hapus, sesuaikan dengan kebutuhan kalian.
aplikasi yang terinstall
aplikasi yang terinstall
✔ Sebelum menghapus aplikasi sebaiknya kalian hapus cache dahulu kemudian, hapus data selanjutnya paksa berhenti barulah kalian copot pemasangan. Hal ini dilakukan biar aplikasi benar-benar terhapus dan kalian mendapatkan ruang penyimpanan yang sama besarnya dengan total penyimpanan yang di gunakan aplikasi sebelumnya.
menghapus aplikasi bawaan android tanpa aplikasi
menghapus aplikasi bawaan android tanpa aplikasi
✔ Kalian harus secara manual menghapus aplikasi bawaan android nya satu-persatu namun ingat jangan sampai kalian salah hapus aplikasi seperti google play services, karena aplikasi ini penting agar kalian bisa melakukan update aplikasi melalui google play store.

#2.  Menggunakan App Inspector


Untuk beberapa jenis ponsel mungkin tidak menemukan fitur copot pemasangan namun adanya disable atau nonaktifkan saja, maka dari itu kalian harus menggunakan cara ke-dua untuk menghapus aplikasi bawaan android yang tidak bisa dihapus dengan cara pertama diatas,

menghapus aplikasi bawaan android dengan app inspector
menghapus aplikasi bawaan android dengan app inspector
Download App Inspector

Download Minimal ADB

Silahkan download app inspector melalui link diatas dan install di ponsel masing-masing, kemudian pada laptop silahkan download minimal adb link juga tersedia diatas. Cara kedua ini kita akan menghapus aplikasi bawaan android hingga keakarnya tanpa harus menggunakan aplikasi root yang bisa menghilangkan garansi ponsel kita.

✔ Setelah app inspector terinstall pada ponsel kalian aktifkan usb debugging. Dengan cara masuk ke menu setelan tentang posel klik sebanyak 7x pada nomor seri android hingga muncul pemberitahuan bahwa opsi pengembang telah aktif.
aktifkan mode pengembang
aktifkan mode pengembang
✔ Kembali pada menu setelan dan akan muncul menu pengembang silahkan masuk dan aktifkan usb debugging.
aktifkan usb debugging
aktifkan usb debugging
✔ Letakan sejenak ponselnya kembali pada laptop silahkan downlaod minimal adb nya dan install. Jika sudah hubungkan ponsel ke laptop dengan kabel usb seperti kalian ingin mengcopy file dari ponsel ke laptop atau pun sebaliknya.
install minimal adb
install minimal adb
✔ Buka minimal adb kemudian ketikan "adb devices" untuk melihat apakah ponsel kita telah benar-benar terhubung ke laptop atau belum.
adb devices
adb devices
✔ Masuk ke menu adh shell masih pada jendelan adb ketikan saja "adb shell". Kembali pada app inspector yang ada di ponsel buka dan lihat package name aplikasi yang mau di hapus.
lihat packag6e name di app inspector
lihat packag6e name di app inspector
✔ Saatnya menghapus aplikasi kembali ke minimal adb ketikan perintah "pm uninstall -k --user 0 com.android.music" ➝ enter jika berhasil akan muncul tulisan sucess.
unsintall aplikasi bawaan android
unsintall aplikasi bawaan android 
Lakukan hal yang sama jika banyak aplikasi yang mau di hapus kalian sesuaikan saja dengan package name pada app inspector dengan minimal adb. Jika gagal perhatikan tutorial sekali lagi jangan sampai ada yang terlewat apa lagi kalian salah mengetikan perintahnya.

Baca juga : 10 Hal Yang Wajib Kamu Siapkan Sebelum Melakukan Rooting Android

Sampai di sini kalian dapat memilih 2 cara menghapus aplikasi bawaan android yang tidak bisa dihapus di atas, baik secara manual maupun menggunakan aplikasi pihak ketiga sama mudahnya asal kalian mengikuti panduan nya secara benar jadi jika gagal jangan sungkan untuk membaca kembali.

Akhir Kata
Terima kasih atas kunjunganya di blog saya, jangan lupa untuk share artikel ini "2 cara menghapus aplikasi bawaan android yang tidak bisa dihapus" ke teman atau sosial media kalian. Berikan juga tanggapan tentang artikel ini melalui emoticon di bawah. Silahkan berlangganan artikel menarik dan informatif lainya cukup masukan alamat email pada box di bawah.

Baca juga

Load comments