Sejarah Perkembangan Dan Contoh Bahasa Pemrograman Komputer

Sejarah Perkembangan Dan Contoh Bahasa Pemrograman Komputer

Kilas balik sejarah pemrograman komputer dan contoh bahasa pemrograman komputer kita mulai pada tahun 1822 dengan mesin ciptaan Charles Babbage yang di berinama "Difference Enggine" mesin ini sendiri di ciptakan sebagai mesin pengelola data-data agar semua data yang masuk dapat lebih mudah digunakan kembali.

Selama era Difference Enggine berkisar 10th, Charles Babbage menyadari kelemahan dalam mesinya yang bersifat single-purpose machine atau hanya bisa menghasilkan output saja serta perlunya pergantian roda gigi secara manual yang membuatnya harus mengembangkan sistem pada Difference Enggine menjadi multi-purpose kemudian dinama kan 'Analytical Engine' di tahun 1842.

Baca juga : 14 Aplikasi Untuk Mempercepat Kinerja Ponsel Android Kamu!! Mudah dan Simpel

Charles Babbage sendiri wafat pada tahun 1871 kemudian penelitian di ambil alih oleh anaknya bernama Henry Prevost, yang kemudian semua hasil penelitian ayahnya di kopi unit perhitungan aritmatika sederhana dari setiap mesin Difference Engine yang berhasil di kembangkan hingga tahun 1849 kemudian mengirimkan hasil kopian tersebut ke beberapa institusi dunia seperti Universitas Harvard.


Jika kalian mengenal sistem logika seperti pernyataan lebih kecil, lebih besar, tidak sama dengan dan sama dengan yang masih kita gunakan untuk berhitung hingga saat ini merupakan penemuan dari Charles Boole yang bernama Logika Boole (logika simbolik). Jika kalian kenal dengan perusahaan (International Business Machine) IBM setidaknya kalian pasti pernah mencoba melamar pekerjaan disini bukan hhee...

IBM (International Business Machine) sendiri bermula dari 3 perusahaan asal Amerika Serikat yang membidangi bidang komputasi. Pada tahun 1890 peningkatan jumlah penduduk Amerika Serikat lah yang mendorong lahirnya perusahaan IBM hingga saat ini.

Sejarah Pemrograman Komputer, Berdasarkan Tahunya


Tahun 1935 - 1945, komputer pertama berhasil dikembangkan oleh ilmuan jerman - Konrad Zuse pada tahun 1935 dengan nama Z-1 sebagai komputer pertama yang menerapkan sistem biner dan bahasa pemrograman pertama Plankalkul, ENIAC Coding Sytem, dan C-10.

Di tahun 1945, istilah 'bug' atau 'debugging' muncul karena pada saat ini komputer digital pertama milik Mark II di Universitas Harvard mengalami masalah pertama kalinya yang di sadari oleh Grace Murray Hopper setelah mengetahui adanya seekor ngengat yang terjebak di dalam mesin hal ini tercatat dalam "First actual case of bug being found" yang menyebut ngengat sebagai bug yang membuat ketika pastian dalam mesin komputasi yang dikenal hingga saat ini

Tahun 1949 - 1954, John Mauchly sebagai penemu dari short code pada tahun 1949 menjadi salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi pertama komputer elektronik dan Alic Glennie dengan Manchester Mark 1 untuk bahasa pemrograman yang mampu mengubah suatu bahasa menjadi kode mesin. IBM juga turut andil dalam sejarah pemrograman komputer dengan membuat bahasa pemrograman FORTRAN (Formula Translator).

Tahun 1957 - 1964, Fortran sebagai bahasa pemrograman tertua yang masih diguakan oleh pihak NASA untuk numerik dan saintifik sejak pertama kali di edarkan dan kemudia generasi selanjutnya dari FORTRAN II dan ALGOL pada tahun 1958, di susul oleh Common Business Oriented Language (COBOL) milik Short Range Committee sebagai bahasa pemrograman pertama bagi Departemen Pertahanan Amerika Serikat kemudian di gunakan untuk komputasi bisnis seperti kartu kredit dan ATM.

Di Tahun 1964, Beginner’s All-Purpose Symbolic Instruction Code (BASIC) dari John George Kenny dan Thomas Eugene Kurtz sebagai bahasa pembrograman yang fokus untuk komputasi sebuah game jadi buat para pecinta game kalian harus berterimakasih sama mereka hhaa...

Tahun 1970 - 1996, Sebagai tahun sejarah pemrograman komputer paling pesat yang dimana banyak sekali bahasa pemrograman komputer yang dilahirkan guna mempermudah kegiatan komputasi seperti konsolidasi, modul, performa, dan visual yang kita gunakan saat ini seperti;

1. PASCAL (1970) milik Niklaus Wirth di kenal sebagai pemrograman structural data atau berstruktur sering kita temukan di aplikasi yang berjalan di sistem operasi windows seperti Skype.

2. C (1972) milik Dennis Ritchie merupakan induk dari bahasa pemrogaman dari C#, Java, JavaScript, Perl, PHP, dan Python hal ini membuat bahasa pemrograman C menjadi bahasa yang paling populer karena paling sering digunakan serta memiliki banyak cabang atau turunan.

3. Prolog (1972) Sebagai bahasa pemrograman logika komputasi pertama yang di desain oleh  Colmerauer, Roussel, and Kowalski.

4. ML (1973) Sistem polimorfis yang ditemukan oleh Robin Miller sebagai bahasa pemrograman fungsional bersifat statis.

5. ADA (1980) merupakan pengembangan dari PASCAL oleh Jean Ichbiah untuk sistem perangkat lunak "software" milik NASA dan NSTAR sering juga digunakan oleh Departemen pertahanan, manufaktur, transportasi dan lainya.

6. C++ (1983) Perubahan dari C menjadi C++ seperti peningkatan kelas mulai dari ekstensi pembrograman, virtual dan tempelate sebagai bahasa pemrograman untuk komersil seperti aplikasi 'software' penunjang game, browser, dan lainya.

7. Python (1991) diambil dari nama group komedia Monty Python oleh Guido Van Rossum memilki fungsi sebagai bahasa pemrograman pendukung seperti aplikasi website, keamanan informasi, pengembangan software yang sering dipakai oleh Google, Yahoo serta Spotify.

8. Ruby (1993) sebagai pemrograman yang mengambil andil dalam sejarah sejarah pemrograman komputer oleh Yukihiro Matsumoto digunakan untuk pengembangan aplikasi web seperti Twitter, Groupun dan Hulu.

9. Java (1994) oleh James Gosling hadir dengan fungsi proyek interaktif TV memiliki fungsi Cross-platform yang artinya dapat berjalan di semua media termasuk pemrograman terpopuler ke-2 setelah Python, sering di pergunakan untuk pengembangan jaringan, software dan android.

10. PHP (1995) dari Rasmus Lerdorf memiliki fungsi sebagai pembuat halaman web yang dinamis bersifat open source atau GRATIS paling banyak di gunakan oleh pihak Facebook, Digg, Wikipedia, Joomla dan WordPress.

11. JavaScript (1996) dari Brendan Eich, bertugas untuk mengekstensi fungsi dari sebuah halaman web dinamis, dokumen PDF, widget, dekstop dan browser yang sering dipakai oleh Gmail, Mozilla, serta Adobe Photoshop.

Tahun 2000 - Sekarang, sejarah pemrograman komputer di era modern ini di dukung oleh kebutuhan atau tren pemakaian internet berbasis mobile sehingga bermunculan logika pemrograman webservice, net, dan mobile platform sehingga para pengembang harus terus membuat bahasa pemrogamannya menjadi lebih berguna agar industri perusahaan tetap berjalan seiring kebutuhan masyarakat.

Konsep Perkembangan Bahasa Pemrogaman


Konsep pertama, melihat dari hasil riset dunia industri serta beberapa tren seperti riset bahasa pemgrogaman komputasi kuantum, integrasi dengan database, pemrograman yang mendukung kongruen dan terdistribusi, peningkatan fungsional dalam bahasa yang sering digunakan oleh komersil agar kode perintah lebih mudah dipahami.

Konsep kedua, Mencermati konsep dari perusahaan Microsoft dengan Visual Net seperti VB Net, ASP NET, VC++ Net yang bekerja secara compile dengan berbagai bahasa pemrograman mengingat tidak ada bahasa pemrograman yang sempurna dan bebas dari 'debugging' sehingga Microsoft menciptakan sistem operasi seperti Windows.

Konsep ketiga, Terakhir merupakan konsep yang sangat berbanding terbalik dengan konsep ke-2 karena disini pihak Sun Microsystem selaku perusahaan pemrograman yang menawarkan JDK, J2ME, dan Java sendiri sebagai pemrograman yang mampu compile di banyak sistem operasi.

Baca juga : Cara Mudah Merubah File Gambar Menjadi PDF Dengan Laptop/Hp

Jenis Dan Contoh Bahasa Pemrograman Komputer


jenis dan contoh bahasa pemrograman komputer
jenis dan contoh bahasa pemrograman komputer

Di sejarah pemrograman komputer sudah kita bahas untuk jenis dan contoh bahasa pemograman komputer mulai dari tahun edarnya, penemunya dan bahkan fungsinya namun disini kita akan bahas secara lebih sederhana jenis dan contoh bahasa pemrograman komputer yang umumnya paling populer dilansir dari TIOBE Index for March 2019

bahasa pemrograman komputer paling populer
bahasa pemrograman komputer paling populer

#1. Bahasa Pemrograman Java


bahasa pemrograman java
bahasa pemrograman java

Kata JAVA sendiri berasal dari pendirinya James Gosling yang menyukai kopi tubruk asli pulau jawa Indonesia. Bahasa pemrograman java sendiri dikembangkan oleh Oracle hingga kini yang membuat java begitu populer karena kesederhanaan penyusunan yang program dengan library yang lengkap membuatnya dapat berjalan di berbagai platfrom atau sistem operasi.

Java termasuk pemrograman OOP (pemrograman orientasi objek) serta penggunaan java sendiri di era perkembangan gadget saat ini khususnya Android membuatnya semakin populer karena sistem aplikasi Android sendiri di bangun dengan bahasa Java.

#2. Bahasa Pemrograman C


bahasa pemrograman C
bahasa pemrograman C

Dibuat pada tahun 1972 oleh Dennis Ritchie tidak membuat tingkat kepopuleran bahasa pemrograman C menurun dengan menyandang gelar "Bapaknya Bahasa Pemrograman", sudah hal wajib bagi para calon programer dapat memahami bahasa C terlebih dahulu sebelum ia lebih mendalami bahasa pemrograman lain seperti C#, C++, Java dan lainya.

#3. Bahasa Pemrograman Python


bahasa pemrograman python
bahasa pemrograman python

Phyton termasuk kedalam bahasa pemrograman tinggkat tinggi karena dengan mampu menghasilkan aplikasi berbasis web atau mobile. Perusahaan besarpun banyak menggunakan bahasa pemrograman phyton seperti Instagram, Google, Yahoo, NASA, Pinteres, dan lainya.

#4. Bahasa Pemrograman C++


bahasa pemrograman C++
bahasa pemrograman C++

Seperti yang diketahui C++ pengembangan dari bahasa pemrograman C memiliki sintaks yang hampir sama namun pada penyeleesain masalahnya memiliki perbedaan yang berbeda sederhanaya bahasa pemrograman C membagi setiap sub-sub masalah menjadi lebih kecil sedangkan C++ memiliki orientasi pada objek dimana permasalahan dibagi-bagi (class-class).

Kepopuleran C++ di sebabkan banyaknya perusahaan aplikasi "software" kenamaan yang menggunakan bahasa pemrograman C++ untuk membangun software seperti Firefox, Adobe, dan lainya.

#5. Bahasa Pemrograman Visual Basic


bahasa pemrograman visual basic
bahasa pemrograman visual basic

Salah satu bahasan pemrograman dari perusahaan Microsoft ini menawarakan IDE Visual pada saat pembuatan software dan bahasa Visual Basic sendiri di gunakan untuk membuat software khusus yang berjalan di sistem operasi Windows.

Di tahun 2019 menunjukan bahwa 6.429% bahasan pemrograman visual bacis mengalami peningkatan karena banyaknya developer menggunakan bahasa visual basic dalam mengembangkan aplikasinya.

#6. Bahasa Pemrograman C#


bahasa pemrograman C#
bahasa pemrograman C#

C# merupakan bahasa pemrograman masih saudara dengan visual basic sama-sama dari Microsoft yang mengabungkan antara prinsi bahasa C dan C++ sehingga hadirla C# sama seperti visual basic bahasa pemrograman C# banyak diguakan untuk membuat aplikasi berbasis Windows.

#7. Bahasa Pemrograman JavaScript


bahasa pemrograman javascript
bahasa pemrograman javascript

Bahasa pemrograman JavaScript dikembangkan oleh NetScape yang kebanyakan bahasa pemrograman JavaScript digunakan untuk pengembangan sebuah situs web karena dapat membuat tampilan sebuah situs menjadi lebih menarik serta interaktif.

#8. Bahasa Pemrograman PHP


bahasa pemrograman PHP
bahasa pemrograman PHP

PHP Hypertext Pre-processor (PHP) dikembangkan oleh Rasmus Lerdrorf menjadi bahasa pemrograman yang paling banyak di gunakan khususnya Indonesia. Dengan pemrograman server side scripting guna membangun website dinamis serta populernya PHP juga karena GRATIS dan diguakan oleh situs besar seperti Facebook, Digg, bahkan WordPress.

#9. Bahasa Pemrograman SQL


bahasa pemrograman SQL
bahasa pemrograman SQL

SQL atau Structured Query Language, merupakan bahasa pemrograman dengan fungsi utama sebagai server data dalam basis data relasional dengan bahasa hukum de facto merupakan bahasa standar yang digunakan dalam manajemen basis data relasional, kini hampir semua server basis data menggunakan SQL.

#10. Bahasa Pemrograman Objective-C


bahasa pemrograman Objective-C
bahasa pemrograman Objective-C

Objective-C salah satu bahasa dari 10 bahasa pemrograman paling populer yang memiliki orientasi pada objek. Bahasa pemrograman ini biasa digunakan dalam pengembangakan aplikasi pada perangkat Apple, maupun sistem Operasi iOS dengan menggunakan bahasa pemrograman Objective-C.

Baca juga : Aplikasi Mengecilkan Size File Foto Tanpa Mengurangi Kualitasnya

Tingkat Bahasa Pemrograman


1. Pemrograman tingkat rendah – merupakan tingkatan bahasa pemrograman mesin yang artinya masih jauh dari bahasa manusia, seperti bahasa rakitan (Assembly).

2. Pemrograman tingkat menengah – termasuk bahasa pemrograman menengah yaitu bahasa pemrograman yang bisa masuk bahasa tinggkat tinggi maupun rendah, seperti bahasa pemrograman C.

3. Pemrograman tingkat tinggi – bahasa pemrograman yang memiliki tingkatan mudah di pahami oleh manusia biasanya bahasa input/syntax menggunakan bahasa manusia, seperti bahasa pemrograman Pascal, Visual Basic, Java dan lainya.

Akhir Kata
Sampai disini pembahasan kita untuk sejarah pemrograman komputer, jenis beserta contoh bahasa pemrograman yang paling populer jangan lupa untuk berbagai artikel kita ini ke media sosial kalian melalui tombol berbagi dan silahkan berlangganan artikel menarik lain di menu tap email dibawah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Perkembangan Dan Contoh Bahasa Pemrograman Komputer"

Posting Komentar

✔ Dilarang mebagikan link artif
✔ Dilarang promo barang atau jasa
✔ Berkomentarlah dengan otak bukan dengan emosi ^^
✔ Bila dari penjelasan diatas masih belum mengerti bisa tinggalkan komentar dibawah!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel