Jenis Jenis Jaringan Internet Beserta Gambarnya

Jenis Jenis Jaringan Internet Beserta Gambarnya

Jenis Jenis Jaringan Internet Beserta Gambarnya – Bila kita berbicara mengenai internet di era digital sekarang hampir semua orang sangat membutuhkan akses internet baik untuk mencari informasi, bersosial bahkan hiburan. Jika sebelumnya kita telah membahas perangkat keras apa saja untuk mendukung adanya jaringan internet.

Baca juga : Pengertian, Fungsi, dan Berbagai Jenis Modem Internet

Di kesempatan kali ini kita akan bahas jenis jenis jaringan internet yang ada di sekitar kita bahkan kalian sendiri tidak menyadarinya bahwa jaringan internet ada dimana-mana baik dalam lingkup kantor, sekolah, serta gadget atau smartphone yang kita pakai.


Secara garis besar jenis jenis jaringan internet sendiri terbagi berdasarkan jangkauan, aliran data, media transfer data, dan perananya;

↻ Jenis Jaringan Internet Berdasarkan Lingkup Jangkauanya


#1. PAN (Personal Area Network)


jenis jaringan pan (personal area network)
PAN (Personal Area Network)
Jika kalian pernah berkunjung ke toko ATK untuk mencetak foto, dokumen, dll tanpa di sadari kita telah menggunakan jenis jaringan satu ini yaitu PAN (Personal Area Network) karena jenis jaringan ini hanya untuk personal dengan media bluetooth dengan jangkauan hanya 10 meter, agar semua perangkat (smartphone, mouse, keyboard, & headphone) terhubung pada komputer/laptop diharuskan untuk menggunakan bluetooth.

#2. HAN (Home Area Network)


jenis jaringan han (home area network)
HAN (Home Area Network)
Jenis jenis jaringan internet selanjutnya ada HAN (Home Area Network) sedikit berbeda dengan PAN selain lingkup yang lebih luas media transmisi data yang di pakaipun berbeda pada HAN (Home Area Network) kita menggunakan sebuah modem seperti IndiHome sehingga semua perangkat harus terhubung terlebih dahulu pada modem dengan menggunakan media WiFi atau kabel LAN sebelum bisa saling berinteraksi & terkoneksi ke internet.

#3. LAN (Local Area Network)


jenis jaringan lan (local area network)
LAN (Local Area Network)
Jenis jaringan satu ini dapat kita temui di manapun baik di kantor, sekolah, bahkan paling sederhananya di warnet dengan LAN (Local Area Network) semua perangkat komputer/laptop, printer, server, dll dapat saling terhubung dan berkomunikasi dengan media kabel ethernet dalam lingkup 1 km² hingga 1 gedung dengan banyak lantainya.

#4. MAN (Metropolitan Area Network)


jenis jaringan man (metropolitan area network)
MAN (Metropolitan Area Network)
Dengan lingkup 10 - 50 Km jaringan MAN (Metropolitan Area Network), merupakan perkembangan dari jaringan LAN yang di sempurnakan dengan switching serta didukung dengan media ethernet berkecepatan tinggi sehingga jaringan MAN ini lebih sering digunakan oleh perkantoran, pemerintahan dengan luas wilayah hingga kabupaten kota.

#5. WAN (Wide Area Network)


jenis jaringan wan (wide area network)
WAN (Wide Area Network)
Jenis jaringan WAN (Wide Area Network) ini konsepnya sama saja dengan MAN dengan menggabungkan jaringan LAN menjadi satu namun media yang digunakan oleh WAN yakni gelombang elektromagnetik dengan bantuan satelit sehingga dapat digunakan untuk komunikasi antar perangkat komputer/laptop, server dll dalam satu negara bahkan antar negara.

#6. SAN (Storage Area Network)


jenis jaringan san (storage area network)
SAN (Storage Area Network)
SAN (Storange Area Network), merupakan sebuah jaringan yang terpisah dari LAN-WAN yang dimana SAN sendiri terdiri dari server dan penyimpanan dengan kecepatan tinggi. SAN sendiri di khususkan menangani trafik data dalam jumlah yang besar antara server dengan media penyimpanan tanpa mempengaruhi bandwidth pada LAN-WAN.

Jenis jenis jaringan internet satu ini (SAN) tergolong jaringan dedicated dengan platrom-independent yang berjalan di belakang server biasanya digunakan oleh perusahaan seperti dunia perbankan.

#7. Internet (Interconnection Networking)


jenis jaringan internet (interconnection networking)
Internet (Interconnection Networking)
Internet (Interconnection Networking) sudah pasti kebanyakan dari kita telah mengenal internet namun masih banyak yang belum mengetahui bahwa internet sendiri termasuk jenis jaringan yang paling luas jangkauanya mampu menghubungkan satu komputer dengan berjuta komputer di seluruh dunia, jaringan internet sendiri sering di gunakan oleh kita baik dengan smartphone atuapun laptop/pc untuk mengakses berbagai informasi, hiburan, pendidikan dan lain-lain.

↻ Jenis Jaringan Internet Berdasarkan Media Transmisi Data


#1. Jaringan Kabel (Wired Network)


jaringan kabel (wired network)
Jaringan Kabel (Wired Network)
Jaringan Kabel (Wired Network) yakni jenis jaringan yang memanfaatkan kabel sebagai media pengiriman data antara satu komputer ke perangkat lainya, untuk jenis kabelnya sendiri ada banyak seperti kabel coaxial, twisted pair, dan fiber optik.

#2. Jaringan Tanpa Kabel (Wireless Network)


jaringan tanpa kabel (wireless network)
Jaringan Tanpa Kabel (Wireless Network)
Kemajuan teknologi saat ini telah mampu mengembangkan jaringan nirkabel atau tanpa kabel yang sebagian dari kita menyebutnya dengan nama WiFi dimana semua aliran data pada jaringan wireless network menggunakan gelombang elektromagnetik untuk mendukung komunikasi antara satu perangkat dengan perangkat lainya.

Baca juga : 5 Pekerjaan Freelance Dengan Penghasilan Melebihi Pegawai Fulltime!!

↻ Jenis Jaringan Internet Berdasarkan Sumber Data


#1. Jaringan Terpusat


jaringan terpusat
jaringan terpusat
Jaringan Terpusat dari namanya saja kita dapat pahami bahwa pada jenis jenis jaringan internet satu ini ada sebuah komputer (server) yang bertugas menampung semua data & informasi kemudian komputer/laptop lain pada jaringan yang sama dapat mengakses informasi & data tersebut tanpa harus menyimpanya di media penyimpanan sendiri (local).

#2. Jaringan Terdistribusi


jaringan terdistribusi
jaringan terdistribusi
Jaringan Terdistribusi sendiri merukapakan pengembangan dari jaringan terpusat yang arinya jaringan terdistribusi ini terdiri dari beberapa jaringan terpusat yang mengelola banyak data & informasi biasanya jaringan ini di gunakan oleh perusahaan dan pemerintahan.

↻ Jenis Jaringan Internet Berdasarkan Peranannya


#1. Jaringan Peer to Peer


jaringan peer to peer
jaringan peer to peer
Jaringan Peer to Peer juga termasuk kedalam jenis jenis jaringan internet, dikenal juga sebagai jaringan yang langsung artinya setiap komputer saling terhubung satu sama lain namun jaringan ini hanya bisa di terapkan pada dua komputer saja yang dapat bertukar data & informasi serta kedua komputer ini dapat saling bertugas peran sebagai client atau server.

#2. Jaringan Client-Server


 jaringan client-server
jaringan client-server
Jenis jaringan client-server memiliki konsep yang sama dengan jaringan terpusat dan terdistribusi yang dimana ada sebagian komputer (server) sebagai media penyimpanan data & informasi yang kemudian di akses oleh komputer lain (client) untuk mengambil serta menyimpan data & informasi ke komputer (server).

Baca juga : Cara Mengukur Kecepatan Internet Secara Keseluruhan (Real-time)

Akhir Kata
Berdasarkan pembahasan kita diatas jenis jenis jaringan internet sendiri terbagi menjadi 4 macam serta sifat yang berbeda silahkan pahami lebih lanjut jenis jaringan diatas jika kalian ingin menjadi administrator jaringan yang handal dan terimakasih telah berkunjung jangan lupa like & share postingan kita ke sosial media kalian.

Artikel Terkait

Terimakasih telah berkunjung dan silahkan aktifkan notifikasi dari blog saya untuk mendapatkan informasi artikel terbaru dan menarik lainya.

1 Comments so far

Mantap Bossque, akhirnya tugas gue kelar di satu artikel ini doang huakakak

✔ Dilarang mebagikan link artif
✔ Dilarang promo barang atau jasa
✔ Berkomentarlah dengan otak bukan dengan emosi ^^
✔ Bila dari penjelasan diatas masih belum mengerti bisa tinggalkan komentar dibawah!!
EmoticonEmoticon